TERIMA KASIH BUAT TIM DEWAN JURI "BLOG GURU INTERAKTIF" YANG SUDAH MEMBERIKAN PENGHARGAAN TERHADAP BLOG KAMI

Kamis, 24 Mei 2012

Pengenalan & Manajemen Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah kumpulan Komputer, Printer atau peralatan yang saling terhubung sehingga memungkinkan antar pengguna komputer bisa saling bertukar data/informasi dan bersama-sama menggunakan peralatan komputer.



Keuntungan & Kelebihan Jaringan Komputer
Beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan jaringan komputer, yaitu:
  1. Keuntungan utama adalah Resource Sharing atau kemampuan berbagi sumber daya yg terdapat dan terhubung.
  2. Meningkatkan efisiensi & Produktivitas para pengguna komputer
  3. Dimungkinkan dilakukan pemusatan data untuk meningkatkan faktor keamanan data.
  4. dimungkinkan terjadinya pengontrolan terhadap penggunaan perangkat komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut.
Tipe Jaringan Komputer
Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu:
  1. Jaringan Peer to Peer atau Point to Point   adalah bentuk konektivitas jaringan yang setiap terminal memiliki peran dan derajat yang sama. Peer to Peer dibentuk dengan cara menghubungkan setiap terminal secara langsung sehingga masing-masing terminal dapat berbagi data, aplikasi dan peripheral lainnya. Semua terminal dapat bertindak sebagai workstation/client.atau sebagai non dedicated server (Sever tidak murni), oleh karena itu peer to peer tidak dirancang untuk WAN. Contoh NOS Peer to Peer, MS windows for workgroup dan lain-lain. 
  2.                                      
  3. Jaringan File Server adalah Jaringan Komputer yang terdapat terminal khusus yang di sebut dengan Server yang memiliki kapasitas hardisk yang sangat besar. Server tersebut hanya akan bertindak sebagai tempat penyimpanan data/file bersama, namun tidak ada pelayanan komputasi. Contoh sistem operasi File Server antara lain: Novell Netware, IBM LAN Server, Unix Network File System (NFS) dan lain-lain.                                             
  4. Jaringan Client-Server adalah Jaringan Komputer yang merupakan pengembangan dari jaringan File Server. Pada Jaringan Client-Server mengenal adanya Server dan Client yang memiliki fungsi berbeda. Server digunakan sebagai sumber daya untuk sejumlah Client dan juga untuk mengatur administrasi jaringan komputer. Sedangkan Client adalah komputer yang terhubung dengan server dan menggunakan resource server. Pada jaringan client-server selain memberikan pelayanan fasilitas File Server juga memberikan fasilitas komputasi. Contoh sistem operasi jaringan client-server adalah Unix, Windows NT, Windows 2003 Server dan lain-lain. 
            Perbandingan Jaringan Peer to Peer dengan Client-Server

Peer to Peer
Client-Server
Koneksi Lambat
Koneksi Cepat
Tidak Mahal
Mahal
Mudah di install
Perlu Instalasi khusus
Mudah dioperasikan
Butuh waktu untuk mempelajari
Keamanan data kurang terjamin
Kemanan data terjamin
Server dapat berfungsi sebagai Workstation /Client (Non-Dedicated Server)
Server hanya berfungsi sebagai Server (penyedia dan pengatur Jaringan)


Jenis Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer berdasarkan jarak jangkau dan pertimbangan peralatan maupun fasilitas baik internal maupun publik secara umum dibagi menjadi 3 jenis antara lain:

1.      LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau di sekolah dan biasanya jaraknya kurang dari 1 Km. LAN ini kebanyakan dihubungkan dengan menggunakan media kabel.


2.      WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan yang pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar yang lingkupnya masih dalam satu area atau distrik.


3.      MAN (Metropolitan Area Networka)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dengan batas lingkup diluar area atau distrik. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang terletak antar kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.

Topologi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer adalah denah/layout bagaimana berbagai peralatan jaringan termasuk komputer dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain.
Topologi Jaringan Komputer yang sering digunakan antara lain:

1.      Topologi Bus
Pada topologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.



Keuntungan dan Kerugian Topologi Bus
Keuntungan dari topologi Bus:
ü  Hemat Kabel
ü  Layout kabel sederhana
ü  Mudah dikembangkan

Kerugian dari topologi Bus:
ü  Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
ü  Kepadatan lalu lintas
ü  Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
ü  Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2.      Topologi Ring
Di dalam topologi Ring, semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin, tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan infoemasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai, maka informasi diterima dan bila tidak, informasi akan dilewatkan.
                                             

Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring
Keuntungan dari topologi Bus:
ü  Hemat Kabel

Kerugian dari topologi Bus:
ü  Peka Kesalahan
ü  Pengembangan Jaringan lebih kaku

3.      Topologi Star
Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau Hub. Keunggulan dari topologi tipe star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke Server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar, sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan.
                                             
Keuntungan dari topologi Star:
ü  Paling fleksibel
ü  Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.

Kerugian dari topologi Star:
ü  Boros kabel
ü  Perlu penanganan khusus
ü  Kontrol terpusat (HUB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar